Membungkus
Makna dalam Poster
A. Pengertian Poster
Poster atau
plakat menurut pengertian yang bersumber dari Wikipedia Indonesia, ensiklopedia
bebas berbahasa Indonesia adalah karya seni atau desain grafis yang memuat
komposisi gambar dan huruf di atas kertas berukuran besar.
Pengaplikasiannya dengan ditempel di dinding atau permukaan datar lainnya dengan sifat
mencari perhatian mata sekuat mungkin. Karena itu poster biasanya dibuat dengan warna-warna
kontras dan kuat. Poster
merupakan salah satu media publikasi yang terdiri atas tulisan, gambar ataupun
kombinasi antar keduanya dengan tujuan memberikan informasi kepada khalayak
ramai. Poster biasanya dipasang ditempat-tempat umum yang dinilai strategis
seperti sekolah, kantor, pasar, mall dan tempat-tempat keramaian lainnya.
Informasi yang ada pada poster umumnya bersifat mengajak masyarakat.
contoh poster |
Menurut Sabri (dalam
Musfiqon, 2012:85) poster merupakan penggambaran yang ditunjukkan sebagai
pemberitahuan, peringatan, maupun penggugah selera yang biasanya berisi gambar-gambar.
Poster merupakan suuatu gambar yang mengombinasikan unsur-unsur visual seperti garis, gambar dan kata-kata yang bermaksud menarik perhatian serta mengkomunikasikan pesan secara singkat (Sri Anitah, 2008:12).
Poster adalah sebagai kombinasi visual dari rancangan yang kuat, dengan warna, dan pesan dengan maksud untuk menangkap perhatian orang yang lewat tetapi cukup lama menanamkan perhatian orang yang lewat tetapi cukup lama menanamkan gagasan yang berarti di dalam ingatannya (Nana Sudjana dan Ahmad Rivai, 2010: 51). Rudi susilana dan Cepi Riana (2009: 14) menjelaskan bahwa poster yaitu sajian kombinasi visual yang jelas, menyolok, dan menarik dengan maksud untuk menarik perhatian orang yang lewat.
Berdasarkan pendapat di atas, dapat peneliti simpulkan bahwa media poster secara umum adalah suatu pesan tertulis baik itu berupa gambar maupun tulisan yang ditujukan untuk menarik perhatian banyak orang sehingga pesan yang disampaikan dapat diterima orang lain dengan mudah.
Poster merupakan suuatu gambar yang mengombinasikan unsur-unsur visual seperti garis, gambar dan kata-kata yang bermaksud menarik perhatian serta mengkomunikasikan pesan secara singkat (Sri Anitah, 2008:12).
Poster adalah sebagai kombinasi visual dari rancangan yang kuat, dengan warna, dan pesan dengan maksud untuk menangkap perhatian orang yang lewat tetapi cukup lama menanamkan perhatian orang yang lewat tetapi cukup lama menanamkan gagasan yang berarti di dalam ingatannya (Nana Sudjana dan Ahmad Rivai, 2010: 51). Rudi susilana dan Cepi Riana (2009: 14) menjelaskan bahwa poster yaitu sajian kombinasi visual yang jelas, menyolok, dan menarik dengan maksud untuk menarik perhatian orang yang lewat.
Berdasarkan pendapat di atas, dapat peneliti simpulkan bahwa media poster secara umum adalah suatu pesan tertulis baik itu berupa gambar maupun tulisan yang ditujukan untuk menarik perhatian banyak orang sehingga pesan yang disampaikan dapat diterima orang lain dengan mudah.
B. Macam-macam Poster
Berdasarkan
Isinya :
1.
Poster Niaga, poster ini umumnya
menawarkan produk suatu perusahaan.
2.
Poster Kegiatan, poster ini
menginformasi kegiatan kepada khalayak ramai.
3.
Poster Pendidikan, poster ini
ditujukan untuk hal-hal bertemakan pendidikan.
4.
Poster Layanan Masyarakat, poster
mengenai layanan umum pemerintah.
Berdasarkan
Tujuannya :
1.
Poster Propaganda, poster ini
pengaruh sangat kuat terhadap masyarakat
2.
Poster Kampanye, poster yang
seringkali terlihat menjelang Pemilu.
3.
Poster "Wanted" atau
"Dicari", poster ini umumnya untuk mencari orang.
4.
Poster "Cheesecake",
poster ini dibuat untuk mencari perhatian masyarakat.
5.
Poster Film, poster ini
mempromosikan film agar dikenal masyarakat.
6.
Poster Kartun, ini adalah poster
publikasi dari komik-komik kartun.
7.
Poster Afirmasi, poster ini
tujuannya untuk memperikan motivasi.
8.
Poster Riset, poster ini mempublikasikan
riset dan penelitian.
9.
Poster Kelas, poster ini bisa kita
jumpai didalam kelas-kelas sekolah.
10.
Poster Komersil, poster ini
bertujuan untuk kepentingan komersil.
C. Tujuan Poster
Tujuan
dibuatnya poster adalah untuk mengajak, membujuk atau menghimbau masyarakat
untuk melakukan sesuatu seperti yang telah ditulisakan dan digambarkan didalam
poster tersebut. Tujuan poster tersebut harus tersampaikan kepada masyarakat
banyak, untuk itu umumnya kita melihat poster-poster terpampang jelas
ditempat-tempat yang begitu strategis seperti jalan-jalan utama, pasar-pasar,
dan tempat-tempat lainnya.
D. Fungsi dan Manfaat Media Poster
Sri Anitah
(2008: 13-14) mengatakan manfaat poster adalah sebagai berikut:
(1) sebagai penggerak perhatian
(2) sebagai petunjuk
(3) sebagai peringatan, pengalaman kreatif
(3) untuk kampanye
Secara umum poster memiliki kegunaan, yaitu sebagai berikut:
(1) memotivasi siswa, poster dalam pembelajaran sebagai pendorong
atau memotivasi belajar siswa.
(2) peringatan, berisi tentang peringatan-peringatan terhadap suatu
pelaksanaan aturan hukum, sekolah, atau sosial, kesehatan bahkan keagamaan.
(3) pengalaman kreatif, melalui poster kegiatan menjadi lebih
kreatif untuk membuat ide, cerita, karangan dari sebuah poster yang dipajang
(Nana Sudjana dan Ahmad Rivai, 2010: 56-57).
Dalam
menggunakan media, perlu memperhatikan dan disesuaikan dengan tujuan dari
pelajaran. Apabila hal tersebut diabaikan maka media yang digunakan justru akan
menghambat proses belajar mengajar.
E. Ciri-ciri Media Poster
Ciri-ciri poster yang baik menurut Arief S. Sadiman (dalam
Musfiqon, 2012: 85) yaitu:
(1) sederhana
(2) menyajikan satu ide dan untuk mencapai satu tujuan pokok
(3) berwarna
(4) slogannya
(5) tulisannya jelas
(6) motif dan tulisannya bervariasi
F. Kelebihan dan Kelemahan Media Poster
Kelebihan Media Poster adalah sebagai berikut:
1.
Dapat
mempermudah dan mempercepat pemahaman siswa terhadap pesan yang disajikan.
2.
Dapat
dilengkapi dengan warna-warna sehingga lebih menarik perhatian siswa.
3.
Bentuknya
sederhana tanpa memerlukan peralatan khusus dan mudah penempatannya, sedikit
memerlukan informasi tambahan.
4.
Pembuatannya
mudah dan harganya murah.
Kelemahan media Poster adalah sebagai berikut:
1.
Membutuhkan
keterampilan khusus dalam pembuatannya.
2.
Penyajian
pesan hanya berupa unsur visual.
G. Prinsip Penggunaan Media Poster
Pada dasarnya poster merupakan suatu media yang lebih menonjolkan
kekuatan pesan, visual, dan warna untuk dapat mempengaruhi perilaku, sikap seseorang
dalam melakukan sesuatu. Poster yang digunakan dalam pendidikan pada prinsipnya
merupakan gagasan yang diwujudkan dalam bentuk ilustrasi obyek gambar yang
disederhanakan dan dibuat dengan ukuran besar (Daryanto, 2012: 129). Tujuannya
untuk menarik perhatian, membujuk, memotivasi, atau memperingatkan pada gagasan
pokok, fakta atau peristiwa tertentu.
Menggunakan poster untuk pembelajaran dapat dilakukan dengan dua cara, yaitu sebagai berikut :
Menggunakan poster untuk pembelajaran dapat dilakukan dengan dua cara, yaitu sebagai berikut :
1.
Digunakan
sebagai bagian dari kegiatan belajar mengajar, yaitu poster digunakan guru saat
menerangkan sebuah materi kepada siswa.
- Digunakan di luar pembelajaran yang bertujuan untuk memotivasi siswa, sebagai peringatan, ajakan untuk melakukan sesuatu yang positif dan penanaman nilai-nilai social dan keragaman.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar