Minggu, 20 Maret 2016



Rancangan Produksi Alat Permainan

v Nama : Rorodaan
v Sasaran : Siswa kelas 7-9 SMP
v Aspek yang akan dikembangkan / fungsi : Mengembangkan psikomotor dan motorik kasar siswa karena anak lebih banyak bergerak.

v Tema yang dikembangkan :
Rorodaan merupakan permainan tradisional suku Sunda di Jawa Barat. Cara bermain rorodaan hanya membutuhkan dorongan kaki. Biasanya anak-anak tinggal di daerah perbukitan menggunakan rorodaan ini di medan jalan yang menurun. Apabila pada jalan yang mendatar anak yang menaiki rorodaan diberi dorongan oleh temannya dari belakang.
Bunyi Hukum Newton 1 "Jika resultan gaya yang bekerja pada benda yang sama dengan nol, maka benda yang mula-mula diam akan tetap diam. Benda yang mula-mula bergerak lurus beraturan akan tetap lurus beraturan dengan kecepatan tetap". Rumus Hukum Newton 1: 
Text Box: ∑ F = 0                        

          Hubungan pada permainan ini, saat rorodaan bergerak cepat di rem mendadak penumpang akan serasa terdorong kedepan, lalu rorodaan tiba-tiba bergerak kedepan, maka penumpang akan terdorong ke belakang.
Bunyi Hukum Newton 2 "Percepatan dari suatu benda akan sebanding dengan jumlah gaya (resultan gaya) yang bekerja pada benda tersebut dan berbanding terbalik dengan massanya". Rumus Hukum Newton 2: 
Text Box: ∑ F = M . a 


          Hubungan pada permainan ini, jika ditarik dengan gaya yang  sama rorodaan ini yang massanya lebih besar (ada beban) percepatannya lebih kecil, sedangkan pada rorodaann yang sama (massa sama) jika ditarik dengan gaya yang lebih besar akan mengalami percepatan yang lebih besar pula.
Bunyi Hukum Newton 3 "Jika suatu benda memberikan gaya pada benda lain maka benda yang dikenai gaya akan memberikan gaya yang besarnya sama dengan gaya yang di terima dari benda pertama tetapi arahnya berlawanan". Rumus Hukum Newton 3:


Text Box: F aksi = F reaksi
 


          Hubungan pada permainan ini, jika rorodaan dengan rorodaan lain saling tabrakan.

v Bahan dan alat :
1.      Bambu
2.    Papan
3.     Gergaji
4.    Pisau
5.     Pensil
6.     Penggaris
7.     Paku
v Cara / langkah pembuatan :
1.      Siapkan bambu dan ukur sepanjang 40 cm dengan penggaris lalu potong dengan gergaji. Lubangi pada bagian atas bambu untuk diberi pegangan sebagai kemudi.
2.    Siapkan bambu sepanjang 40 cm dan dipotong secara vertikal hingga menjadi beberapa bagian.
3.     Bersihkan serat bambu dengan pisau.
4.    Siapkan papan dan potong 4 bagian utuk dirangkai menjadi persegi.
5.     Susun potongan bambu pada papan persegi.
6.     Siapkan papan dan bentuk lingkaran dengan diameter 10 cm lalu hubungkan 2 roda pada badan rorodaan dan 1 roda pada kepala rorodaan.
7.     Hubungkan badan rorodaan dengan kepala rorodaan dengan kauyu.
8.    Selamat bermain... J

v Gambar / sketsa :






v Cara penggunaan : Cara menggunakan mainan rorodaan hanya membutuhkan dorongan kaki. Biasanya anak-anak tinggal di daerah perbukitan menggunakan rorodaan ini di medan jalan yang menurun. Apabila pada jalan yang mendatar anak yang menaiki rorodaan diberi dorongan oleh temannya dari belakang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar